BANNER

2013 Tahun yang Sempurna untuk Munich

Tahun 2013 berlangsung istimewa bagi raksasa Jerman, Bayern Munich. Die Roten sukses menyabet 5 gelar sekaligus tahun ini.

Praktis, hanya gelar DFL-Super Cup atau Piala Super Jerman yang harus lepas dari genggaman. Gelar ini harus jatuh ke tangan rival, Borussia Dortmund. Sisanya, Bayern sukses menyabet gelar Bundesliga, Liga Champions, DFB-Pokal, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Bayern begitu tampil superior di Bundesliga. Di bawah asuhan Jupp Heynckes, mereka sudah memastikan gelar juara pada 27 April 2013. Kemenangan 1-0 atas SC Freiburg memastikan gelar Liga Jerman Bayern yang ke-23.

Hebatnya, hal ini sudah dipastikan di pekan ke-28 saat masih tersisa 6 pertandingan. Ini jadi rekor baru di Bundesliga.

Meski sudah memastikan gelar, Bayern tetap menunjukkan superiotasnya hingga akhir musim. Bayern mengakhiri musim dengan 91 poin dari 24 pertandingan. Mereka unggul 25 poin atas Borussia Dortmund yang menempati peringkat 2. Ini juga menjadi rekor di Bundesliga.

Bayern juga tampil digdaya di Liga Champions. Mereka memastikan gelar setelah menundukkan Borussia Dortmund 2-1 dalam partai final di Wembley, 25 Mei 2013. Ini menjadi gelar Liga Champions kelima untuk raksasa Bavaria, setelah kali terakhir merebutnya pada 2001.

Perjalanan Bayern menuju juara Liga Champions bisa dikatakan begitu istimewa. Die Roten melewati hadangan tim-tim tangguh dari mulai Arsenal, Juventus, dan Barcelona. Yang paling diingat tentu saja saat menundukkan Barca dengan agregat mencolok, 7-0 di babak semifinal. Die Roten menghajar Los Alzugranas 4-0 di Allianz Arena, lalu menang 3-0 saat berlaga di Camp Nou.

Bayern memastikan raihan treble winners usai memastikan gelar DFB-Pokal atau Piala Jerman pada 1 Juni 2013. Di final yang berlangsung di Olympiastadion Berlin, Bayern menundukkan VfB Stuttgart 3-2. Ini menjadi kado perpisahan yang manis untuk pelatih Jupp Heynckes yang memutuskan pensiun.

“Tim telah memberikan hadiah terbaik untuk saya hari ini, treble ini begitu unik. Faktor menentukan adalah semangat tim. Semua orang berdiri bersama untuk saling memberikan dukungan,” kata Heynckes sesaat setelah meraih treble seperti dikutip Sky Sports.

Raihan di musim 2012-13 membuat Bayern mencatat sejarah menjadi tim Jerman pertama meraih treble winners. Mereka tercatat sebagai tim ketujuh yang meraih treble. Enam tim sebelumnya adalah Glasgow Celtic (1967), Ajax Amsterdam (1972), PSV Eindhoven (1988), Manchester United (1999), Barcelona (2009), and Inter Milan (2010).

Guardiola Sempurnakan Gelar Bayern
Kedatangan Pep Guardiola pada musim 2013-14 tak menghentikan superioritas Bayern. Sempat gagal juara di DFL-Supercup, Guardiola membalasnya di ajang Piala Super Eropa. Bayern menjadi juara setelah menundukkan juara Liga Europa, Chelsea, 30 Agustus 2013.

Laga yang berlangsung di Eden Arena, Praha itu berlangsung dengan sengit. Laga berakhir imbang 1-1 selama 90 menit waktu normal. Duel berakhir 2-2 dalam 2 x 15 menit babak tambahan waktu.

Bayern memastikan gelar usai menundukkan Chelsea 5-4 lewat adu penalti. Ini menjadi gelar Piala Super Eropa pertama untuk Die Roten.

Bayern mengakhiri 2013 dengan manis. FC Hollywood merebut gelar Piala Dunia Antarklub, 21 Desember 2013. Di laga final yang berlangsung di Stade de Marrakech, Maroko, tim besutan Pep Guardiola menundukkan wakil tuan rumah, Raja Casablanca dengan skor 2-0.

“Untuk mengakhiri tahun ini dengan sebuah gelar, ini luar biasa. Kami membuat diri kami kesulitan sendiri di lapangan, sebelum pertandingan berakhir (lawan Raja Casablanca),” kata kapten Bayern, Philipp Lahm, seperti dilansir ARD usai menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Ini menjadi gelar Piala Dunia Antarklub pertama bagi Bayern. Sebelumnya, Die Roten merebut Piala Intercontinental pada 1976 dan 2001. Sementara itu, bagi Guardiola, ini menjadi gelar ketiga. Sebelumnya dia merebut Piala Dunia Antarklub bersama Barcelona pada 2009 dan 2011.

Di Bundesliga musim ini, laju Bayern juga belum tertahankan. Mereka kokoh di puncak klasemen dengan 44 poin dari 16 pertandingan. Bayern unggul 7 poin atas Bayer Leverkusen di peringkat 2 yang sudah bermain 17 kali. Dengan konsistensi yang terus ditunjukkan Bayern, bukan tak mungkin mereka kembali meraih prestasi fenomenal tahun depan.
Bagikan berita ini :

facebook

STREAMING


Pratinjau

Streaming
Pratinjau
Pratinjau

Translate

LIVE MATCH

TVSTREAMING
Pratinjau

AROUND SOCCER


JADWAL
HASIL
KLASEMEN
BANNER

 


Copyright © 2011. BeritaBola.net - - All Rights Reserved