BANNER

Lionel Messi Selamatkan Argentina, Tundukkan Iran 1-0

Argentina sempat menemui kebuntuan ketika menghadapi Iran. Berkali-kali, peluang yang mereka hasilkan dimentahkan pertahanan Iran. Sampai kemudian Lionel Messi datang jadi penyelamat di injury time. Argentina menang 1-0 berkat gol Messi itu.

Pada pertandingan yang berlangsung di kota Belo Horizonte, Sabtu (21/6/2014) malam WIB, Argentina tampil menekan pertahanan Iran sejak awal. Tidak jarang mereka membangun serangan dengan lima orang pemain depan.

Kendati sukses menciptakan beberapa peluang, 'Tim Tango' cukup kesulitan untuk membobol gawang Iran yang dikawal oleh Alireza Haghighi pada setengah jam pertama pertandingan.

Gonzalo Higuain mendapatkan kesempatan bagus pada menit ke-13. Namun, tendangannya ketika sudah berhadapan dengan Haghighi masih bisa ditahan oleh kiper berusia 26 tahun tersebut.

Kesempatan berikutnya datang dari Angel Di Maria. Setelah menerima operan dari Higuain, gelandang Real Madrid itu langsung melepaskan tendangan. Sial bagi Di Maria, tendangannya masih melambung.

Pada menit ke-32, giliran Lionel Messi yang mendapatkan kans lewat sebuah tendangan bebas. Hasilnya sama seperti peluang Di Maria sebelumnya; tendangan Messi masih melambung di atas mistar gawang Iran.

Empat menit sebelum babak pertama selesai, Iran mendapatkan peluang lewat sebuah tendangan sudut. Bola disambut dengan sundulan oleh Jalal Hosseini, namun sundulannya melambung tipis.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-0. Dari catatan ESPNFC, Argentina punya 10 attemptssepanjang babak pertama, namun hanya dua di antaranya tepat sasaran. Sementara Iran punya 3 attempts, tapi tak satu pun mengarah tepat sasaran.

Argentina melanjutkan tekanan mereka ke pertahanan Iran di awal-awal babak kedua. Tapi, penuhnya area di dalam kotak penalti dan sekitarnya dengan para pemain Iran, membuat Argentina terpaksa mengalirkan serangan ke arah sayap.

Di Maria dan Pablo Zabaleta yang jadi tumpuan dari serangan sayap itu berkali-kali berusaha melepaskan umpan silang. Namun, berkali-kali juga barisan pertahanan Iran berhasil menghalau atau melakukan blok.

Ketika kesulitan, Argentina pun berpaling kepada Messi. Bintang Barcelona ini sempat mendapatkan sebuah peluang ketika dirinya menginjak pedal gas, menggiring bola dari tengah sembari melewati beberapa pemain, dan akhirnya melepaskan tendangan kaki kiri. Sial bagi Messi, tendangannya masih menyamping tipis.

Iran, sebaliknya, sempat mendapatkan peluang bagus lewat Ashkan Dejagah di menit ke-67. Menyambut umpan silang dari sisi kanan, Dejagah melompat untuk menyambutnya dan melepaskan sundulan. Peluang ini kemudian gagal setelah kiper Argentina, Sergio Romero, melompat untuk melakukan penyelamatan, dan mementahkan bola hingga melewati mistar gawang sendiri.

Messi mendapatkan peluang lagi di menit ke-73 lewat sebuah tendangan bebas. Namun, tendangan kaki kirinya melebar dan bola hanya mengenai sisi jaring gawang Iran.

Di tengah buntunya serangan Argentina, Alejandro Sabella akhirnya memutuskan untuk memasukkan Rodrigo Palacio dan Ezequiel Lavezzi dan menarik keluar Higuain serta Sergio Aguero. Sebaliknya, di kubu Iran, Carlos Queiroz memasukkan seorang bek, yakni Khosro Heydari, dan menarik keluar gelandang mereka, Masoud Shojaei.

Lavezzi beberapa kali mengirimkan umpan dari sisi kanan, kendati barisan pertahanan Iran lagi-lagi masih sama sigapnya. Sementara, Palacio diplot untuk berada di dalam kotak penalti. Kendati demikian, Argentina tetap saja kesulitan untuk membobol gawang Iran.

Penyerang Iran, Reza Ghoochannejhad, sempat mendapatkan peluang pada menit ke-86, ketika dirinya melakukan tusukan dari sisi kiri dan melepaskan tendangan kaki kiri. Usaha ini juga berujung pada kegagalan setelah Romero dengan sigap menepis tendangannya.

Di saat-saat buntu inilah, Messi hadir jadi pemecah kebuntuan Argentina.

Ketika pertandingan memasuki injury time, Messi yang berada di luar kotak penalti Iran melepaskan sebuah tendangan kaki kiri ke arah tiang jauh. Bola tendangannya melengkung melewati jangkauan Haghighi dan akhirnya masuk ke sudut gawang Iran. Para pendukung Argentina pun bersorak.

Gol tunggal Messi itu sudah cukup untuk memberikan kepastian lolos bagi 'Tim Tango' ke babak 16 besar. Argentina kini mengoleksi nilai 6 dan memimpin klasemen sementara Grup F. Sementara Iran ada di urutan kedua dengan nilai 1.

Satu laga lainnya dari grup ini, yakni Nigeria vs Bosnia Herzegovina, baru akan kick-off pada Minggu (22/6/2014) dinihari WIB.

Susunan Pemain

Argentina: Romero, Zabaleta, Garay, Fernandez, Rojo, Gago, Mascherano, Di Maria (Biglia 90+4), Messi, Higuain (Palacio 77), Aguero (Lavezzi 77).

Iran: A. Haghighi, Montarezi, Hosseini, Sadeghi, Pooladi, Nekounam, Safi (R. Haghighi 87), Shojaei (Heydari 77), Timotian, Dejagah (Alireza 84), Reza
Bagikan berita ini :

facebook

STREAMING


Pratinjau

Streaming
Pratinjau
Pratinjau

Translate

LIVE MATCH

TVSTREAMING
Pratinjau

AROUND SOCCER


JADWAL
HASIL
KLASEMEN
BANNER

 


Copyright © 2011. BeritaBola.net - - All Rights Reserved