BANNER

Sikat Marseille, Dortmund Lolos dan Rajai Grup F

Borussia Dortmund lolos sebagai juara Grup F usai membekuk Olympique Marseille secara dramatis 2-1 di laga pamungkas fase penyisihan Liga Champions di Stade Velodrome, Kamis [12/12] dini hari WIB.

Keberhasilan Dortmund memuncaki Grup F tak lepas dari kekalahan 2-0 yang diderita Arsenal dari Napoli. Namun The Gunners tetap mendampingi BVB ke fase knock-out lantaran ironisnya The Partenopei hanya kalah soal urusan jumlah gol. Posisi akhir di Grup F memperlihatkan pemandangan persaingan yang super ketat karena tiga tim teratas memiliki poin yang sama, yakni 12. Tapi nasib berbicara lain.

Babak pertama

Bermain di kandang lawan tidak membuat rasa percaya diri Dortmund lenyap begitu saja. Buktinya, laga baru berumur empat menit, pasukan Jurgen Klopp sudah mampu menjebol lewat Robert Lewandowski. Meneruskan umpan panjang, sang striker melewati Lucas Mendes sebelum menaklukkan Steve Mandanda.

Namun keunggulan ini digagalkan Marseille setelah mereka menyamakan skor via aksi dari Souleymane Diawara. Menerima sodoran di mulut gawang, Diawara sukses membuat Widenfeller tak berkutik. Skor pun sama kuat 1-1.

Pada menit ke-19 Dortmund membuat peluang saat umpan bagus dari Grosskreutz tak ada yang menyambutnya di mulut gawang. Reus gagal terkoneksi dengan sodoran itu.

Gawang Dortmund nyaris jebol kembali kala terjadi kesalahpahaman antara Sokratis dan Weidenfeller yang memudahkan Gignac. Tapi pada akhirnya sang kiper bisa mengamankan bola dengan sigap.

Dortmund kembali mengancam lewat kerja sama antara Reus dan Mkhitaryan. Nama pertama melepaskan tendangan yang cukup bagus, namun arah bola melenceng dari target.

Thauvin memberi nafas bagi Marseille di menit ke-38 saat peluangnya masih bisa diselamatkan oleh Weidenfeller. Pemain terbaik Piala Dunia U-20 ini sukses melepaskan diri dari penjagaan sebelum menyepak bola yang bisa diamankan sang kiper lawan.

Tiga menit sebelum turun minum pasukan Klopp mendapatkan peluang terbaik mereka. Kombinasi antara Durm, Sahin dan Mkhitaryan berakhir di kaki Kehl, yang sayang usahanya tidak mengenai sasaran.

Demikian juga di menit-menti akhir 45 pertama kala sepakan dari Reus yang menerima bola dari Blaszczykowski diblok dengan baik oleh Mendes.

Babak kedua

Laga baru dimulai, Mkhitaryan langsung memberikan ancamannya. Dia menyodorkan bola yang disia-siakan oleh Lewandowski untuk kembali memimpin skor.

Mandanda membuat penyelamatan heroik di menit ke-57 kala menghalau sontekan berpotensi gol dari Blaszczykowski, hasil dari bola rebound.

Teror Dortmund berlanjut semenit berselang. Kali ini usaha Reus hampir membuat skor berubah. Namun Marseille diselamatkan oleh tiang gawang.

Gignac mampu mengeluarkan Marseille dari tekanan di menit ke-65. Sayangnya, tembakan dari sang penyerang sukses diblok dengan sempurna oleh Erik Durm. Hampir saja!

Dua menit berselang Dortmund kembali mengirim ancaman di muka gawang Marseille lewat usaha dari Lewandowski dan Reus. Usaha nama pertama melebar, demikian halnya dengan nama kedua.

Jual beli serangan tersaji! Kembali Marseille mendapatkan peluang dari Gignac di menit ke-77, usai menerima umpan empuk dari Cheyrou. Tapi Widenfeller berhasil mengklaim bola dari usaha berbahaya tersebut.

Enam menit sebelum pertandingan rampung Diawara membuat penyelamatan krusial dari usaha yang digencarkan tim tamu. Sang bek membuat clearance penting di menit ini.

Tapi publik Marseille seketika terdiam menyaksikan kolaborasi manis antara Durm ke Mkhitaryan lalu ke Grosskreutz. Nama terakhir pun menuntaskannya menjadi gol yang membuat Dortmund kembali unggul.

Di sisa waktu yang ada, gol tersebut menjadi pemasti kemenangan Dortmund sekaligus mengantar finalis musim lalu ini ke babak 16 besar sebagai raja Grup F.
Inilah para pemain yang terlibat dari kedua kubu dalam partai pamungkas di Grup F:

Olympique Marseille starting XI: Mandanda; Fanni, Diawara, Mendes, Mendy; Lemina, Cheyrou; Khalifa, Thauvin, Payet; Gignac.

Borussia Dortmund starting XI: Weidenfeller; Großkreutz, Sarr, Sokratis, Durm; Sahin, Kehl; Blaszczykowski, Mkhitaryan, Reus; Lewandowski.
Bagikan berita ini :

facebook

STREAMING


Pratinjau

Streaming
Pratinjau
Pratinjau

Translate

LIVE MATCH

TVSTREAMING
Pratinjau

AROUND SOCCER


JADWAL
HASIL
KLASEMEN
BANNER

 


Copyright © 2011. BeritaBola.net - - All Rights Reserved