BANNER

Brazil ke Perempat Final Taklukkan Chile Via Drama Adu Penalti

Brazil akhirnya lolos ke perempat final Piala Dunia 2014 setelah menaklukkan Chile dalam drama adu penalti 4-3 (1-1, 3-2). Sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit berkat gol David Luiz (’18) dan Alexis Sanchez (’32). Tuan rumah mengulang kejadian empat tahun silam kala menyingkirkan Chile di babak yang sama.

Brazil tampil lebih trengginas di awal babak pertama. Kecepatan para pemain mereka, terutama sang kunci Neymar tak bisa diimbangi oleh Chile. Wajar jika gol seolah tinggal menunggu waktu. Maka 18 menit setelah kick-off, Neymar melepaskan sepak pojok yang diteruskan oleh Thiago Silva ke arah David Luiz. Dari jarak dekat, sang bek tengah membuat timnya memimpin.

Chile tidak terlalu impresif, tapi sangat efektif. Laga berlangsung setengah jam, dari serangan yang lumrah, Eduardo Vargas mengirim umpan kepada Alexis Sanchez. Penyerang Barcelona ini menghukum Julio Cesar dengan tembakan ke sudut jauh yang mutlak. Brazil seperti mendapatkan tekanan besar sejak saat itu.

Kesempatan yang didapatkan pun berhamburan. Neymar harus menyaksikan upayanya dihalau bek lawan. Fred lebih mengerikan dengan tembakan tidak terarah meski gawang sudah kosong. Dani Alves melengkapi derita Selecao di babak pertama dengan tendangan dari luar kotak penalti yang sigap diantisipasi Claudio Bravo.

Brazil sebenarnya berhasil memimpin kembali di menit 54. Ketika itu Hulk mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan ke sudut gawang Claudio Bravo dengan cantik. Namun Howard Webb membatalkan gol tersebut karena sang penyerang Brazil dianggap menyentuh bola dengan tangan. Chile selamat dengan perbedaan seujung urat leher.

Namun Chile juga punya peluang. Dari sudut tidak terduga, Charles Aranguiz melepaskan tembakan yang dihalau dengan gemilang oleh Julio Cesar. Selanjutnya, Brazil berusaha untuk terus melakukan dominasi. Serangan mereka juga semakin gencar. Tetapi, Chili berhasil mempertahankan skor berkat Bravo yang menepis tembakan Hulk.

Skor 1-1 yang bertahan hingga 90 menit memaksa laga dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Brazil terus berusaha mengirimkan tekanan pada Cili yang dipaksa bermain bertahan. Namun, pada akhirnya adu penalti harus dimulai.

David Luiz sukses sebagai penendang pertama. Namun tidak dengan Mauricio Pinilla. Willian gagal, sedangkan penendang penalti kedua Chili, Alexis Sanchez tak bisa melawan Julio Cesar. Skor masih 1-0 untuk Brazil.

Marcelo berhasil menaklukkan Claudio Bravo sebagai eksekutor ketiga. Charles Aranguiz menjaga momentum. Hulk malah menyaksikan kaki Bravo mementahkan aksinya. Marcelo Diaz menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Neymar sebagai penendang kelima mulus-mulus saja. Dan Chili mesti tumbang setelah tembakan Gonzalo Jara meleset.

Tuan rumah berangkat ke babak berikut, dan kejutan Chile berhenti.

Gol: David Luiz ’18/ Alexis Sanchez ’32

Brazil
(4-2-3-1): Julio Cesar; Alves, Luiz, Thiago Silva, Marcelo; Luiz Gustavo, Fernandinho (Ramires ’72); Neymar, Oscar (Willian ’106), Hulk; Fred (Jo ’62).

Chile
(3-5-2): Bravo; Jara, Medel (Rojas ’108), Silva; Isla, Diaz, Vidal (Mauricio Pinilla ’87), Aranguiz, Mena; Vargas (F. GutiĆ©rrez ’57), Sanchez.
Bagikan berita ini :

facebook

STREAMING


Pratinjau

Streaming
Pratinjau
Pratinjau

Translate

LIVE MATCH

TVSTREAMING
Pratinjau

AROUND SOCCER


JADWAL
HASIL
KLASEMEN
BANNER

 


Copyright © 2011. BeritaBola.net - - All Rights Reserved