BANNER

Persebaya vs Persiba Balikpapan Skor 4-0

Persebaya Surabaya tampil perkasa di kandang setelah memetik kemenangan telak 4-0 atas sepuluh pemain Persiba Balikpapan dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (8/6).

Kendati memetik kemenangan, posisi Persebaya tidak berubah di peringkat tiga klasemen sementara wilaya timur dengan nilai 27, terpaut dua angka dari Mitra Kukar dan Persipura Jayapura yang berada di atasnya. Begitu juga dengan Persiba yang tetap berada di peringkat delapan dengan poin 16.

Di laga ini, pelatih Persebaya Rahmad Darmawan memasukkan nama Isaac Poppo ke dalam daftar pemain cadangan tuan rumah. Skema agresif juga diperlihatkan Rahmad di susunan pemain. Sementara bagi Patrice Nzekou, duel melawan Persebaya menjadi ajang pembalasan dendam atas pencoretan namanya dari skuat Bajul Ijo di pertengahan putaran pertama.

Babak pertama

Persebaya dan Persiba memperagakan permainan terbuka setelah wasit meniup peluit kick-off. Namun, Persebaya mampu mengendalikan permainan, dan memaksa Persiba harus bekerja keras menjaga pertahanan.

Peluang emas diperoleh Persebaya pada menit kesepuluh ketika Fandi Eko Utomo ditarik Yudi Khoirudin di kotak penalti, dan wasit kemudian menunjuk titik putih. Emmanuel 'Pacho' Kenmogne dipercaya sebagai eksekutor, tapi tendangannya dapat digagalkan kiper Fauzal Mubaraq, sehingga Persebaya membuang peluang emas itu secara percuma.

Persebaya yang tampil agresif akhirnya membuka keunggulan di menit ke-17. Setelah menerima umpan dari sektor tengah, Greg Nwokolo menggiring bola hingga kotak penalti. Usai mengelabui pemain belakang Greg pun memperdayai Fauzal untuk mengubah papan skor menjadi 1-0.

Persiba mencoba mengejar ketertinggalan mereka, hanya saja sulit bagi tim besutan Liestiadi ini mengembangkan permainan mereka. Pasalnya, Persebaya makin percaya diri usai mencetak satu gol, dan memaksa Persiba hanya bisa bermain bertahan.

Kendati demikian, Persiba mendapat peluang emas ketika wasit memberikan tendangan bebas di dalam kotak penalti di menit ke-39. Keputusan itu dikeluarkan menyusul back pass konyol Manahati Lestusen, yang juga nyaris menghadirkan gol blunder. Namun Persiba gagal memanfaatkannya untuk menyamakan kedudukan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Performa Persiba mengalami peningkatan di babak kedua untuk mengejar ketertinggalan satu gol dari tuan rumah. Persiba langsung menggebrak pertahanan Persebaya ketika paruh kedua dimulai.

Peluang diperoleh Persiba pada menit ke-50, tapi tendangan Nico Malau menyambut bola liar kemelut di depan gawang Ferry Rotinsulu masih melambung. Selang dua menit kemudian, Persebaya memberikan respon. Greg melepaskan umpan dari sisi kiri serangan Persebaya, namun M Ilham yang menerima bola menemui kegagalan, karena tendangannya dapat dibendung Fauzal.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Persiba kebobolan untuk kali kedua pada menit ke-54. Greg yang merangsek masuk ke kotak penalti Persiba di sektor kanan pertahanan tim tamu, memberikan umpan ke depan gawang, dan disambar Pacho untuk mengubah papan skor menjadi 2-0.

Publik tuan rumah kembali bersorak kegirangan pada menit ke-64 ketika umpan M Ilham dari sisi kiri pertahanan Persiba diterima Greg dengan baik. Setelah mengecoh dua pemain belakang lawan, Greg melepaskan tendangan kaki kiri yang tak bisa dibendung Fauzal.

Upaya Persiba untuk memperkecil ketertinggalan menjadi berat setelah mereka harus bermain dengan sepuluh orang usai Patrice Nzekou diganjar kartu kuning keduanya pada menit ke-66.

Kondisi ini dimanfaatkan Persebaya untuk memperbesar keunggulan selang tiga menit kemudian. Menerima umpan dari sisi kanan pertahanan Persiba, Greg melakukan tendangan salto untuk mencetak hat-trick, sekaligus memastikan kemenangan Persebaya menjadi 4-0.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Persebaya: Ferry Rotinsulu; Hashim Kipuw, Ricardo Salampessy (Ambrizal 34'), OK Jhon, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalmony (Zaenal 78'), Dedi Kusnandar (Wahyu 74'), M Ilham, Fandi Eko Utomo, Greg Nwokolo, Emmanuel 'Pacho' Kenmogne
Cadangan: Jendri Pitoy; Ambrizal, Vava Mario Yagalo, Zaenal Haq, Wahyu Subo Seto, Novri Setiawan, Isaac Poppo.
Pelatih: Rahmad Darmawan

Persiba: Fauzal Mubaraq; M Bachtiar, M Kamri, Ahmad Sembiring (Mustaid 66'), Fandi Mochtar, Patrice Nzekou, Yudi Khoirudin, Joko Siddiq, Risky Novriansyah (Nico 37'), Rendy Siregar, Pape Ndiaye Latyr (Hendri 81').
Cadangan: Wawan Hendrawan; Absor Fauzi, Ahmad Maulana, Arifki Eka Putra, Nico Malau, Hendri, Mustaid Billah.
Pelatih: Liestiadi
Bagikan berita ini :

facebook

STREAMING


Pratinjau

Streaming
Pratinjau
Pratinjau

Translate

LIVE MATCH

TVSTREAMING
Pratinjau

AROUND SOCCER


JADWAL
HASIL
KLASEMEN
BANNER

 


Copyright © 2011. BeritaBola.net - - All Rights Reserved